6 Fakta Unik Manga Legendaris Doraemon

  • Whatsapp
6-Fakta-Unik-Manga-Legendaris-Doraemon
Foto dari blibli.com

Siapa yang tak mengenal Doraemon. Sepertinya berbagai pernak pernik dengan gambar karakter satu ini ada banyak sekali di pasaran. Termasuk di antaranya adalah boneka Doraemon. Bukan hal aneh lagi apabila ada orang yang membeli mainan dengan gambar Doraemon.

Karena begitu terkenal sudah hampir ke seluruh pelosok tanah air, Doraemon begitu melekat di dalam pikiran. Bahkan kucing, warna biru, dan kantong ajaib merupakan ciri khas dari kartun satu ini. Namun, ternyata Doraemon tidak seperti yang dikenal selama ini. Ternyata kartun legendaris ini menyimpan banyak fakta unik.

Fakta Unik Doraemon

Doraemon merupakan sebuah robot kucing yang dikirim dari masa depan ke masa lalu untuk menjaga dan menemani Nobita agar tidak melakukan kesalahan yang membuat masa depan keluarga Nobi harus menanggung hutang besar. Selain alasan kedatangan Doraemon tersebut, ada beberapa fakta unik lainnya, yaitu:

1. Arti Nama Doraemon

Tahukah Anda apa arti nama Doraemon? Nama robot kucing satu ini ternyata terdiri dari 2 suku kata, “Dora” yang berarti kucing liar dan “Emon” yang artinya jantan. Jadi, Doraemon artinya kucing liar jantan.

2. Kantong Ajaib Doraemon

Hal yang paling menarik dari Doraemon adalah kantong ajaibnya yang membuat banyak orang ingin memilikinya di dunia nyata. Kantong ajaib ini ternyata dapat menyimpan 4500 alat ajaib dari masa depan di dalamnya.

Sebut saja baling-baling bambu, pintu ke mana saja, senter pembesar dan pengecil, dan berbagai alat lainnya. Semua merupakan bagian dari kantong ajaib Doraemon. Hebatnya lagi ada kantong cadangan yang juga terhubung dengan kantong asli sehingga kantong ajaib hilang bisa langsung ditemukan.

3. Dulu Doraemon Tidak Berwarna Biru

Boneka Doraemon yang Anda temukan di pasaran saat ini selalu mengikuti warna seperti di acara kartun dan cover manga (komik) Doraemon, yakni berwarna biru. Padahal pada awalnya Doraemon berwarna kuning.

Warna biru muncul menggantikan warna kuning setelah Doraemon terus menerus menangis akibat putus cinta ditambah dengan Dorami (adiknya Doraemon) salah memberi ramuan kesedihan (padahal niatnya ingin memberi ramuan senang) yang mengakibatkan kesedihan Doraemon bertambah parah.

4. Telinga Doraemon Hilang Karena Digigit Tikus

Pada awal pembuatannya, Doraemon ternyata memiliki telinga. Namun, karena kedua telinga tersebut hilang dalam proses perbaikan Doraemon. Telinga pertama rusak karena digigit oleh robot tikus sewaktu Sewashi (cicit Nobita) memperbaiki Doraemon pertama kali.

Kemudian telinga kedua rusak ketika Doraemon dibawa ke dokter dan saat memeriksa si robot kucing sang dokter secara tidak sengaja bersin dan ceroboh menekan tombol yang membuat telinga Doraemon satunya ikut terpotong.

5. Doraemon Diputuskan Pacarnya Karena Pendek

Sebelum dikirim ke masa lalu, ternyata Doraemon sudah pernah punya pacar. Robot kucing merah muda nan cantik yang menjadi pacar Doraemon bernama Noramyako. Mereka berpacaran sewaktu sama-sama berada di sekolah robot. Sayangnya, Noramyako memutuskan hubungan mereka dengan alasan tubuh Doraemon yang pendek.

6. Keajaiban Doraemon Memegang Benda Tanpa Jari

Mungkin hal yang satu ini juga sering membuat penonton bertanya-tanya bagaimana Doraemon bisa memegang benda tanpa menggunakan jari. Sebagian besar orang mungkin mengabaikannya karena merasa di dalam cerita komik segalah hal bisa terjadi tanpa alasan.

Ternyata tangan Doraemon ini bukan tanpa alasan bisa memegang benda, tapi karena memiliki daya vacum atau adhesive yang besar sehingga benda bisa menempel pada tangan Doraemon dengan sempurna.

Ternyata, di balik komik dan anime Doraemon yang sering Anda nikmati banyak sekali fakta unik yang tersimpan. Pantas saja apabila Doraemon sudah terkenal sejak tahun 1974. Menyukai Doraemon walaupun sudah dewasa bukanlah hal yang salah dan mengoleksi boneka Doraemon dan berbagai merchandise Doraemon juga sangat boleh. Apalagi sekarang membelinya sangat mudah, hanya perlu memesan online di marketplace kesayangan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *