Ingin Cek Status Garansi HP Anda? Berikut Cara Praktisnya

  • Whatsapp
Ingin-Cek-Status-Garansi-HP-Anda-Berikut-Cara-Praktisnya
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Pada setiap pembelian HP baru, pasti ada garansi yang diberikan. Dengan adanya garansi ini, Anda bisa terhindar dari biaya perbaikan HP, jika sekiranya terjadi kerusakan. Namun, bagaimana jika Anda lupa jangka waktu garansi HP tersebut? Tenang saja, ada banyak cara untuk melakukan cek status garansi HP ini.

Cara Mudah Mengetahui Masa Garansi HP

Bersyukurlah Anda jika sekiranya HP rusak pada masa garansinya. HP bisa diperbaiki secara gratis, bahkan ada yang diganti dengan HP yang baru. Lalu bagaimana caranya untuk mengecek masa garansi HP ini? 4 cara praktis berikut bisa Anda ikuti.

1. Melihat Informasi di Kartu Garansi

Setiap pembelian HP pasti disertai dengan kartu garansi. Nah, dalam kartu garansi ini tentunya tercantum masa garansi dari HP yang Anda miliki tersebut. Kartu garansi ini pun akan dibutuhkan saat HP Anda diperbaiki di tempat servis resmi, jika masih dalam masa garansi. Maka dari itu, simpan dengan baik kartu garansi, agar mudah mengetahui infor terkait jangka waktu garansinya.

2. Mengecek Garansi via Situs Resmi Produsen HP

Anda juga bisa mengecek status garansi HP online melalui situs resmi produsen HP tersebut. Agar bisa mendapatkan info status garansi ini, Anda perlu untuk menginput IMEI HP tersebut. IMEI HP bisa Anda ketahui dengan mengetik *#06# pada menu panggilan. Masukkan IMEI di laman pengecekan garansi yang tersedia di laman situs resmi, lalu infonya akan langsung dimunculkan.

3. Mengecek Garansi via Situs IMEI

Situs IMEI yang beralamat di imei.info juga bisa Anda manfaatkan untuk mengecek status garansi dari HP Anda. Masuk ke situs tersebut lalu input IMEI HP Anda pada kolom yang tersedia. Setelah tombol Check diklik, maka akan muncul ragam informasi mengenai HP tersebut. Pilih menu Warranty untuk mengetahui status garansi dari HP Anda.

4. Mengecek Garansi via Kode Khusus

Garansi HP juga bisa Anda ketahui dengan menggunakan kode khusus. Misalnya saja seperti kode *#12580*369# yang bisa digunakan di HP Samsung. Jika kode ini ditekan, maka akan muncul beberapa kode, di antaranya RF Cal. Garansi HP Anda berjarak 1 hingga 2 tahun dari tanggal yang tertera di bagian kode RF Cal tersebut.

Itulah tadi 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk cek status garansi HP. Cara ini terbilang mudah, khususnya pengecekan yang dilakukan secara online. Agar lebih pasti, tentu lebih baik jika Anda menyimpan kartu garansi serta nota pembelian dari HP Anda tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *