Jangan Salah Pakai, Yuk Gunakan Masker Kain dengan Aturan yang Benar!

  • Whatsapp
Jangan-Salah-Pakai-Yuk-Gunakan-Masker-Kain-dengan-Aturan-yang-BenarJangan-Salah-Pakai-Yuk-Gunakan-Masker-Kain-dengan-Aturan-yang-Benar
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Masker berbahan kain saat ini semakin banyak digunakan karena penggunaan masker medis diutamakan untuk tenaga medis. Selama pandemi Covid-19 masih ada, masyarakat disarankan untuk selalu menggunakan masker setiap kali ke luar rumah. Terutama jika berada di kerumunan atau ketika berinteraksi dengan orang lain. Terlihat sepele, namun ternyata penggunaan masker masker kain ini juga tidak bisa sembarangan.

Menggunakan Masker dengan Benar

Meskipun masker berbahan kain tidak cukup efektif dalam menangkal virus, tetapi hal tersebut lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali. Terutama ketika berada di luar rumah. Agar fungsi masker jenis ini tetap efektif, simak yuk apa saja aturannya.

1. Bersihkan tangan sebelum memegang masker

Kebersihan adalah kunci dalam meminimalisir penyebaran virus. Ketika Anda mencuci tangan sebelum menyentuh masker, maka kuman atau bakteri akan hilang dan membuat masker Anda tetap bersih ketika digunakan.

2. Pastikan masker telah menutup hidung, mulut, dan dagu

Memastikan masker terpasang dengan baik adalah salah satu aturan dasar yang penting untuk dilakukan. Sesuaikan masker dengan ukuran wajah Anda. Ketika masker tidak longgar, maka secara langsung dapat meminimalisir penularan virus. Jangan sampai ada celah di sekitar mulut ketika menggunakan masker!

3. Jangan pernah menyentuh masker ketika digunakan

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang banyak berinteraksi dengan benda. Apalagi saat ini pandemi virus Covid-19 dapat menular melalui sentuhan droplet yang menempel pada benda. Sehingga, Anda dianjurkan untuk tidak sering menyentuh benda, terutama ketika di tempat umum. Juga hindari saling berjabat tangan dengan orang lain.

Tangan dapat menjadi sarang virus dan bakteri. Untuk itu, jangan pernah menyentuh masker ketika digunakan. Pasalnya, masker kain digunakan untuk melindungi bagian hidung dan mulut Anda agar tidak mudah terserang virus serta bakteri.

4. Jangan melepas masker ketika digunakan

Masker digunakan untuk meminimalisir penyebaran droplet yang bisa keluar ketika berbicara. Sehingga, ketika Anda berada di luar rumah dan diharuskan berinteraksi dengan banyak orang, pastikan Anda selalu menggunakan masker. Selain itu, jika Anda merasa batuk atau bersin, penting untuk tertib menggunakan masker dan tidak melepasnya. Terutama ketika berada di tempat umum.

5. Ganti masker setiap empat jam

Aturan penggunaan masker dari WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa masker berbahan kain dianjurkan untuk digunakan maksimal hanya empat jam. Kenapa? Hal ini karena daya filtrasinya rendah, terutama dalam menyaring partikel kecil yang berada di udara.

Selain itu, masker berbahan kain umumnya terbuat dari bahan yang dapat menyerap air. Sehingga, mudah basah apalagi ketika terkena percikan droplet dari lawan bicara yang tidak menggunakan masker. Maka, persiapkan masker cadangan sebagai ganti, ya!

6. Lepas masker dengan benar

Banyak orang melepas masker dengan cara yang salah. Meskipun terlihat sepele, melepaskan masker dengan menyentuh bagian depannya, dapat meningkatkan risiko Anda terpapar virus dan bakteri.

Bagian depan masker merupakan sarang penyakit. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sering berada di tempat umum. Cara terbaik untuk melepas masker adalah memegang bagian tali. Jika Anda menggunakan surgical mask, segera buang masker Anda dan jauhkan dari wajah. Namun, untuk masker bahan kain ini, Anda dapat segera merendamnya dengan air hangat dan deterjen.

Beberapa aturan penggunaan masker kain di atas dapat Anda terapkan untuk meminimalisir paparan virus. Selain itu, Anda juga harus mematuhi aturan protokol kesehatan yang diterapkan, seperti sering mencuci tangan, jangan berkerumun, jaga jarak, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *