Pelajari 6 Urutan Jabatan Tertinggi di Perusahaan Beserta Perannya

  • Whatsapp
Pelajari-6-Urutan-Jabatan-Tertinggi-di-Perusahaan-Beserta-Perannya

Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi di dalamnya. Urutan jabatan tertinggi di perusahaan berfungsi agar sumber daya manusia diposisikan sesuai kemampuannya. Cara ini akan membuat kerja lebih efektif dan efisien.

Struktur Organisasi dalam Perusahaan

Masing-masing perusahaan memiliki struktur organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Berikut akan disajikan struktur organisasi di perusahaan.

1. CEO (Chief Executive Officer)

CEO memiliki arti pejabat eksekutif tertinggi. Jabatan tertinggi dalam perusahaan serta memiliki tanggung jawab penuh atas segala aktivitas organisasi. Beberapa menyebutkan CEO dan direktur utama adalah sama. Akan tetapi, CEO belum tentu pemilik perusahaan. Namun tidak ada salahnya jika CEO juga merangkap sebagai pemilik perusahaan.

Hanya di tangan CEO perusahaan akan dapat maju/mundur. CEO memegang tanggung jawab luas dan tak terbatas di perusahaan. Mulai dari aset yang tak nampak di perusahaan seperti motto, strategi, visi, misi. Selain itu juga pegang kendali aset yang nampak pada perusahaan seperti gedung, tanah, kendaraan dan lainnya.

2. Komisaris

Komisaris atau yang lebih dikenal dengan CEO (Chief Executive Officer) memiliki jabatan tertinggi. Berperan sebagai pengawas tertinggi dalam perusahaan. Menunjuk direktur dan umumnya komisaris ini juga sebagai pemilik saham. Selain itu juga pemilik perusahaan yang membawahi secara efektif bawahannya.

3. Direksi

Direksi terdiri atas 6 orang direktur dan 1 orang direktur utama. Memiliki Peran menentukan visi-misi serta arah dalam perusahaan. Peran lainnya sebagai pimpinan umum yang mengelola perusahaan. Memegang kendali penuh akan perkembangan perusahaan.

4. Manager

Manager memiliki posisi jabatan di bawah Direktur. Melakukan peran menyesuaikan mekanisme dan mengintegrasikan tujuan dengan visi-misi perusahaan. Melakukan seleksi, menerapkan reward, sistem komunikasi dan mengarahkan keputusan perusahaan.

5. Divisi/ Departemen

Kepala divisi bertugas memimpin divisi di bawahnya. Terdapat berbagai divisi dalam perusahaan seperti divisi humas, riset dan pengembangan, personalia dan lainnya. Divisi diciptakan sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan.

6. Staff

Staff menjalankan pekerjaan sesuai prosedur yang sudah ditentukan perusahaan. Dipimpin oleh kepala staff yang terdiri dari staff pekerja kantor hingga office boy. Staff yang berfungsi sebagai roda penggerak perusahaan.

Itulah urutan jabatan tertinggi di perusahaan hingga paling bawah. Semua jabatan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sumber daya manusia. Pengelompokan jabatan dilakukan agar kerja makin efektif dan berjalan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *