Jangan Abaikan Gejala-Gejala Ini Ya! Bisa Saja Menjadi Gejala Penyakit Berbahaya

  • Whatsapp
SehatQ-Jangan-Abaikan-Gejala-Gejala-Ini-Ya!-Bisa-Saja-Menjadi-Gejala-Penyakit-Berbahaya
Foto dari Canva Pro

Menurunnya daya tahan tubuh atau saat tubuh dalam kondisi kurang fit, membuat berbagai penyakit bisa dengan mudah menyerang. Selain itu, banyak juga faktor lain yang jadi pemicu suatu penyakit dan menghampiri secara tiba-tiba, seperti penyakit berbahaya yang perlu penanganan cepat. Terkadang gejala-gejalanya terkesan umum, sehingga sering sekali diabaikan. Padahal bila tidak ditangani cepat, penyakit bisa lebih parah, bahkan menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit yang Perlu Ditangani Secepatnya

Berikut beberapa gejala umum yang juga menjadi gejala penyakit berbahaya dan perlu penanganan secepatnya.

1. Demam Tinggi

Demam adalah gejala yang bisa juga diikuti sakit kepala dan tubuh terasa linu, hingga menggigil. Demam merupakan gejala dari terjadinya radang dalam tubuh. Untuk sakit biasa seperti gejala batuk dan flu, demam biasanya hanya dialami satu sampai dua hari saja dengan intensitas sedang. Gejalanya akan berkurang dan menghilang dengan obat-obatan pereda demam, salah satunya paracetamol.

 Tetapi bila demam tinggi hingga berhari-hari dan suhu tubuh sangat tinggi, melebihi 38 derajat celcius, lalu tidak juga reda atau turun meski sudah minum obat, Anda harus segera melakukan penanganan dengan pergi ke dokter. Artinya ada infeksi atau serangan virus yang berbahaya di dalam tubuh.

2. Mengalami Sesak Napas

Selanjutnya, sesak napas yang disebabkan flu atau terkena paparan debu memang tergolong umum. Namun akan berbeda cerita jika gejala sesak napas terjadi berulang, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sesak napas bisa menyerang sebagai salah satu gejala dari penyakit jantung, tekanan darah rendah, adanya alergi, infeksi paru-paru, gangguan di saluran pernapasan, serta penyakit berbahaya lain. Bila sesak napas terus-menerus dirasakan dan mengganggu aktivitas, segera meminta bantuan pihak medis untuk mengatasinya.

3. Tiba-Tiba Tubuh Terasa Lemas

Tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga padahal sebelumnya baik-baik saja? Atau bahkan membuat Anda hanya bisa tertidur dan berbaring saja? Segera pergi untuk minta bantuan medis karena gejala ini bisa saja menjadi satu tanda Anda terkena penyakit berbahaya. Seperti penyakit serangan jantung yang sering kurang disadari karena gejalanya terasa tidak terlalu ekstrim, serupa dengan gejala penyakit lainnya.

 Gejala dari serangan jantung yang sering tidak dikenali di antaranya, tubuh lemas, sesak nafas, nyeri di beberapa bagian tubuh, berkeringat dingin, gelisah, dada terasa tertekan, hingga hilangnya kesadaran.

4. Berat Badan yang Turun dan Naik Secara Drastis

Anda sedang tidak diet atau tidak sedang menjalani program menaikan berat badan, tetapi berat tiba-tiba turun ataupun naik drastis? Gejala satu ini menjadi gejala serius yang harus segera ditangani. Saat berat tubuh mengalami kenaikan dan penurunan drastis tanpa pergantian pola makan, artinya ada masalah pada sistem metabolisme tubuh.

5. Muntah dan Diare Kronis

Gejala lainnya ialah muntah atau diare yang tergolong kronis, dialami lebih dari 2-3x dalam sehari. Biasanya diikuti juga dengan berkurangnya nafsu makan dan wajah terlihat menjadi pucat. Nah, kedua gejala tersebut bisa membuat tubuh dehidrasi dan kekurangan energi dalam waktu cepat, sehingga harus segera ditangani demi menghindari gejala yang lebih parah lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *