Terlihat Mirip, Jenis Penyalur Suara Ternyata Punya Fungsi Berbeda

  • Whatsapp
Terlihat-Mirip-Jenis-Penyalur-Suara-Ternyata-Punya-Fungsi-Berbeda
Foto dari edifier.com

Perkembangan teknologi semakin canggih usai memasuki industri 4.0. Begitu pula dengan kecepatan internet yang terus meningkat di setiap negara. Salah satu produk yang berkembang seiring industri 4.0 adalah produk penyalur suara. Anda mungkin tidak asing dengan istilah headset, earphone, earbuds dan headphone. Itulah jenis penyalur suara yang umum dijumpai di Indonesia sebagai teman mendengarkan lagu. Edifier TWS1 sebagai salah satu jenis earbuds rupanya masih menjadi primadona pengguna.

Berbagai jenis penyalur suara yang terlihat hampir mirip membuat masyarakat susah membedakan. Sehingga jangan heran jika banyak yang salah menyebut earbuds sebagai headset, earphone sebagai headphone atau sebaliknya. Namun akan lebih baik jika kesalahan tersebut segera diperbaiki dengan mengetahui apa sebenarnya perbedaan dari jenis-jenis penyalur suara tersebut.

Perbedaan Jenis Penyalur Suara

Supaya Anda tidak salah sebut ketika di tempat umum atau di kantor yang pada akhirnya akan ditertawakan teman lebih baik ketahui dulu perbedaan berikut. Simak ulasan berikut ini:

1. Headset

Jenis penyalur suara yang satu ini paling familiar di telinga kita. Sayangnya, anggapan terkait headset masih salah kaprah. Headset ini terdiri dari dua jenis audio yaitu audio input dan audio output. Audio input-nya berupa microphone sedangkan audio output-nya berupa headphone atau earphone. Biasanya headset digunakan untuk melakukan siaran di radio atau streaming game online.

Headset disambungkan dengan komputer atau laptop dan sumber suara lainnya menggunakan kabel yang telah didesain sesuai fungsinya. Untuk menyimpannya Anda dapat menaruh headset pada cantolan daripada membiarkannya tergeletak di meja. Hal ini bertujuan untuk melindungi microphone pada headset.

2. Earphone

Pada dasarnya fungsi earphone hampir sama dengan headset hanya saja bentuknya lebih kecil dan simple. Earphone dilengkapi dengan kabel atau nirkabel serta berbagai ukuran dan warna. Earphone ini terdiri dari dua jenis yaitu IEM (In-ear Monitor) dan earbud. Keduanya tetap memiliki fungsi yang sama yang membedakan adalah bahan pembuatannya.

IEM di bagian yang dimasukkan ke dalam telinga dilengkapi dengan karet atau bantalan. Tujuannya untuk memastikan suara dari sumber earphone terdengar dengan jelas dan tidak terganggu suara dari luar. Sedangkan earbud ini terbuat dari plastik sedemikian rupa sehingga tidak dilengkapi dengan bantalan karet. Anda tetap dapat mendengar suara dari luar meskipun sedikit samar, bergantung pada volume yang Anda mainkan. Salah satu jenis earbud dengan berbagai pilihan dan warna adalah Edifier TWS1.

3. Headphone

Jenis penyalur suara yang satu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan headset. Perbedaannya terletak pada kelengkapan peralatan. Jika headset punya dua jenis audio maka headphone hanya memiliki satu jenis audio yaitu audio output berupa suara. Tidak dilengkapi dengan microphone, headphone lebih sering digunakan untuk editing video atau audio.

Jenisnya ada dua yaitu over ear headphone yang menutupi telinga dengan penuh dan on ear headphone yang mempunyai ukuran lebih kecil. Cara perawatannya pun hampir sama dengan headset, letakkan pada pengait atau cantolan di tembok atau almari Anda.

Sekarang sudah banyak beredar jenis penyalur suara tanpa kabel (nirkabel) namun menggunakan bluetooth atau wifi. Salah satunya adalah jenis earbud Edifier TWS1 yang memberikan banyak pilihan warna dan bentuk. Meski begitu tetaplah bijak dalam menggunakan earbud. Tetap batasi penggunaan untuk tidak terlalu sering mengenakannya dan perhatikan volumenya sehingga tidak mengganggu kesehatan telinga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *