Trik Mengatasi Micro SD Rusak dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
Trik-Mengatasi-Micro-SD-Rusak-dengan-Cepat-dan-Mudah
Foto dari Canva Pro

Micro SD masih dinilai sebagai media penyimpanan alternatif pada ponsel. Hal terebut dikarenakan kemudahannya untuk dipindahkan dimana saja dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar. Walaupun begitu, ia juga rentan terhadap kerusakan, salah satunya adalah tidak terbaca ketika dipindahkan ke perangkat lainnya. jika ini terjadi pada Anda, jangan khawatir, berikut merupakan trik mengatasi micro SD rusak dengan cepat.

Sebenarnya terdapat beberapa trik yang bisa Anda coba ketika memori SD Anda tidak terbaca, jadi Anda bisa menghemat pengeluaran dengan tidak buru-buru membeli media penyimpanan baru. Berikut merupakan langkah-langkah untuk menyiasati keadaan tersebut, sehingga micro SD Anda bisa digunakan kembali.

1. Bersihkan Micro SD

Langkah pertama dan yang paling mudah dilakukan adalah dengan membersihkan selot tembaga pada micro SD terlebih dahulu. Caranya cukup mudah dilakukan, Anda hanya membutuhkan penghapus pensil. Tidak perlu brand khusus, Anda bisa menggunakan berbagai merek karet penghapus, namun akan lebih baik jika menggunakan penghapus pensil yang berbahan halus namun kuat.

Secara perlahan, Anda bisa menggosok selot tembaga berwarna kuning sampai bersih. Kemungkinan ia hanya kotor dan membuat sensor tidak bisa membaca memori yang tersimpan. Setelah bersih, masukkan kembali ke perangkat, jika tidak berfungsi ikuti langkah selanjutnya.

2. Cek Kerusakan di Komputer

Trik mengatasi micro SD rusak selanjutnya adalah melakukan pengecekan kerusakan pada komputer ataupun laptop. caranya tidak begitu sulit, masukkan memori pada card reader, kemudian pasang ke komputer. Tekan memori yang rusak tersebut, pilih Properties, lanjutkan dengan menekan Tools dan Erorr Checking.

Tunggu hingga proses selesai, jika sudah Anda bisa melepas micro SD tersebut, kemudian pasangan kembali pada perangkat smartphone. Biasanya langkah ini bisa membuat memori tersebut terbaca kembali. Namun, jika tidak terbaca juga, Anda harus memformat total micro SD tersebut.

Dua trik tersebut bisa Anda praktekkan untuk mengatasi micro SD yang rusak dan tidak terbaca. Trik mengatasi micro SD rusak ini bisa Anda aplikasikan untuk semua merek memori, sehingga tidak terbatas pada brand tertentu saja. Semoga bisa membantu masalah Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *